F8 Makassar Siap Jadi Event Internasional, Hadirkan Miss Universe Laos

10 Agustus 2023
Fashion

Makassar International Eight Festival and Forum atau yang dikenal dengan nama F8 bakal kembali digelar pada 23-27 Agustus 2023 di Pantai Losari. Kebangkitan ekonomi terkhusus UMKM dan energi pemulihan diharapkan bergeliat dan bangkit dari ajang tahunan ini.

Festival ini sudah masuk kalender pergelaran nasional. Bahkan, F8 masuk 10 besar Kharisma Event Nusantara 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Disebut F8 karena sejak awal festival ini meliputi festival/pameran fashion, food, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora and fauna, dan film. Ajang ini menjadi tempat para kreator dan pengusaha memanggungkan produk dan kreativitas. Tentu saja aspek ekonomi juga termasuk.

Pada tahun kelima F8 ini, Direktur Utama PT F8, Sofyan Setyawan mengaku telah menyiapkan berbagai hal, mulai dari layout (tata letak), artis, dan beberapa mitra sudah memastikan hadir. Persiapan teknis juga mulai dilakukan di kawasan Anjungan Pantai Losari.

“Sekarang kita melakukan persiapan administrasi,” kata Sofyan saat ditemui di Pantai Losari, Kamis, 27 Juli 2023.

 

Ia mengatakan tahun ini, F8 dipersiapkan menjadi Internasional Event. Ada 5 designer internasional dari kawasan Asean yang akan hadir, termasuk menghadirkan Miss Universe Laos akan hadir di F8. Sopyan mengaku telah menyiapkan berbagai kejutan pada pagelaran kali ini.

Pagelaran F8 kali ini menghadirkan 150 boot atau gerai bagi pelaku UMKM. Adapun target kunjungan selama lima hari, yakni menembus satu juta pengunjung. Sopyan mengatakan pihaknya menargetkan perputaran ekonomi mencapai 50 miliar tahun ini.

“Tahun lalu perputaran ekonomi tembus Rp34 miliar,” sebutnya.

Ketua Persatuan Hotel Seluruh Indonesia, Anggiat Sinaga juga menyambut baik acara yang dihelat Makassar ini. Menurutnya, pagelaran ini sangat berdampak signifikan terhadap industri perhotelan.

Bahkan jika berkaca pada event yang sama tahun lalu, tingkat okupansi perhotelan meningkat drastis sekitar 15-20 persen.

“Kami dari industri ketika bicara F8 adalah yang paling berbahagia,” kata dia.

Anggiat juga mengharapkan event-event semacam ini terus dipertahankan, ini juga telah membantu industri mengingat selama setahun terakhir event-event akbar tak hentinya digelar di Makassar.

“Kita bangga ada event internasional dari Makassar. Siapa pun wali kota kita harapkan bisa lanjutkan F8,” harapnya.