F8 Makassar 2023 Digelar Agustus, Target Transaksi Acara Tembus Rp 50 M

10 Agustus 2023
Fiction Writers and Fonts

Makassar - Event pariwisata F8 Makassar akan kembali digelar pada Agustus mendatang. Kegiatan dengan tema "Next Gen" ini menargetkan transaksi selama acara tembus hingga Rp 50 miliar.
F8 Makassar akan digelar pada 23-27 Agustus dengan menampilkan delapan sub sektor ekonomi kreatif, seperti Food and Fruit, Fashion, Fiction Writers, Fine Art, Fusion Music, Film, Folks, dan Flora Fauna. PT Festival Delapan Indonesia selaku penyelenggara menargetkan jumlah transaksi tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Tahun lalu transaksi kita Rp 34 miliar, kita target tahun ini meningkat menjadi Rp 50 Miliar. Animonya luar biasa," ujar Direktur PT Festival Delapan Sofyan Setiawan dalam keterangannya, Kamis (27/07/2023).

Sofyan mengatakan hal itu akan didukung dengan 150 booth yang disediakan untuk pelaku UMKM selama 5 hari berturut-turut. Kehadiran UMKM dalam acara ini, kata dia, bisa berdampak besar pada perputaran ekonomi.

"Makassar F8 ini kita lihat selalu potensinya luar biasa, memberikan dampak yang baik. UMKM harus selalu hadir di setiap event. Perputaran ekonomi lima hari nanti akan besar sekali apalagi setelah pandemi seperti ini," ucapnya.

Dia mengatakan UMKM berkontribusi dalam besaran transaksi selama pelaksanaan acara yang masuk dalam Top 10 Kalender Event Nasional Wonderful Indonesia ini. Adapun tarif masuk event ini senilai Rp 20.000 untuk menikmati seluruh area F8 Makassar, termasuk konser yang diadakan.

"Makassar F8 menjadi kebanggaan tersendiri untuk Kota Makassar karena perhelatan akbar telah diakui bertahun-tahun secara nasional. Sesuai tema ini menjadi warisan budaya buat generasi Z," ucapnya.

Pada pelaksanaan F8 tahun ini juga mengajak masyarakat berkomitmen menjaga lingkungan dengan membawa 2 botol kosong. Dua botol kosong tersebut dapat ditukar di tempat registrasi untuk mendapatkan diskon 50 persen tiket masuk.

"Jadi cukup bayar 10 ribu asal bawa botol kosong 2 botol. Ini komitmen terhadap isu lingkungan. Kita mengajak masyarakat menjaga alam," tuturnya.

Selain itu, F8 Makassar juga akan menghadirkan 5 desainer internasional, di antaranya dari negara Singapore, Thailand, Philipina, dan Laos. Kelima desainer itu disebut akan berkolaborasi dengan desainer-desainer lokal demi menampilkan maha karya luar biasa di bidang fashion.

"Jadi ciri khasnya negara-negara yang lima itu akan ditampilkan di panggung F8. Kita liat kolaborasinya dengan designer lokal yang khas dengan batik lontaranya," ujarnya.